WISATA INDONESIA

Informasi mengenai tempat pariwisata di Indonesia

Minggu, 30 Juni 2013

Goa Jomblang – Grubug

Wisata Yogyakarta – Goa Jomblang, Goa Grubug. Kabupaten Gunung Kidul memang menjadi sebuah ikon wisata alam yang penuh adrenalin di Daerah Istimewa Yogyakarta, beragam wisata ada disana antara lain gua pindul. Dan kini sebuah wisata alam yang tidak kalah menyenangkan adalah Goa Jomblang. Tepatnya terletak di Kecamatan Semanu di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta goa jomblang menjadi salah satu tempat tujuan wisata alam yang populer.

Goa Jomblang – Grubug

Gua Jomblang ini menawarkan sebuah wisata petualangan di dalam gua kapur, dilengkapi sungai bawah tanah dan hutan purba, inilah yang membuat pengalaman wisata menjadi semakin manawan hati. Kedua goa ini merupakan perpaduan goa vertikal dan horizontal. Terletaknya di tengah areal ladang kering yang berbatu. Jalan menuju lokasi memang cukup menantang akibat banyaknya batuan di sepanjang jalan. Bisa dibilang ini adalah wisata yang sangat eksotis.

Untuk menuju dasar Goa Jomblang, traveler harus menuruni tebing sekitar 60 meter dengan Single Rope Technique (SRT). Sasampainya di dasar anda pun bersiap untuk menikmati hutan dibawah tanah yang memukau mata. Menurut cerita, dahulunya berada di atas tanah tapi sekarang berada dibawah tanah. Di dasar goa grubug, anda bisa melihat sebuah pancaran cahaya matahari yang menerobos masuk ke dalam goa dan memecah kegelapan sehingga tampak sangat menakjubkan. Cahaya matahari pun menyelimuti beberapa stalaktit dan stalagmit berwarna hijau kecoklatan yang ada di tengah goa.

Akses ke Goa Jomblang – Goa Grubug Goa Jomblang-Grubug terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Jaraknya sekitar 8 Km sebelah timur Wonosari, atau 50 Km sebelah tenggara pusat Kota Yogyakarta. Jika anda dari kota Yogyakarta, cukup susuri jalan Wonosari. Dari Wonosari, Anda tinggal jalan terus sampai bertemu papan yang tertulis “Wisata goa kalisuci”. Anda tinggal mengikuti jalur tersebut dan carilah papan yang tertulis “Goa Jomblang”. Jangan kaget, karena jalan ke lokasi masih tanah dan berbatu.

Baca Selengkapnya di: http://wisata-yogyakarta.com/goa/goa-jomblang-goa-grubug-pusat-adrenalin-di-yogya/
Copyright © Wisata-Yogyakarta.com

0 komentar:

Posting Komentar